List Isi Seserahan Lamaran Yang Harus Kamu Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran biasanya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Kultur yang sudah lama dijalankan semenjak dulu ini menjadi prosesi wajib dalam setiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang kebingungan sebetulnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah langsung aja Sputnik beri tau apa saja sebetulnya isi seserahan pernikahan yang umumnya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Perlengkapan Sholat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita supaya menjadi pendamping dan istri yang sholehah, karenanya sang pria biasanya selalu menyiapkan hantaran kelengkapan ibadah ini. Sebagai format dan simbol bimbingannya kelak terhadap sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Peralatan Mandi

Biasanya untuk perlengkapan mandi ini diawali dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wangi-wangian.

Pakaian Dalam

Baju dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Tetapi untuk urusan membelinya lazimnya sang wanita telah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan terhadap sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih menawan.

Peralatan Makeup

Nah untuk kelengkapan yang satu ini lazimnya sang wanita betul-betul concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Sebab kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria mengerti, lazimnya para wanita mempunyai brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap produk kosmetika yang diaplikasikan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bercahaya dan penuh harapan. Akan tetapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama layak dengan budget kalian . Sekiranya sang wanita mengharapkan, dan pihak pria dapat menyanggupi maka hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberi.

Kelengkapan Pesta

Peralatan pesta ini bermacam-macam – macam isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, ransel, dress, hingga jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai format hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa kultur tradisi seumpama betawi semestinya menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian adat istiadat yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak senantiasa manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebetulnya ngga ada ketetapan sepatutnya. Semuanya bisa disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan namun ada beberapa kebiasaan seperti Jawa yang umumnya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini hakekatnya ngga ada item mesti banget yang harus sama. Balik lagi semua isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini umumnya berisi barang-barang kebutuhan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan diaplikasikan oleh sang wanita. Jadi bisa dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan hanya untuk wanita loh, melainkan ada juga isi seserahan pernikahan pria yang umumnya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria lazimnya lebih simpel dan tidak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, hingga sepatu. Tergantung sang wanita mau memberikan apa saja sebab sesungguhnya isi seserahan untuk pria tidak semestinya.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Lamaran Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *